Thursday, December 21, 2006
Hari Ibu Yang Ke 78 di Indonesia
Ibu.....

Ingin kuungkapkan semua kekagumanku padamu ibu…
Kau yang telah melahirkanku
Merawat, menjaga dan membesarkanku

Kadang hati ini sangat bersalah
Ketika aku melukai hatimu
Walau aku tahu
Kau tak pernah melukai hatiku, Ibu…

Maafkan aku ibu
Tak pantaslah aku melukai perasaanmu
Setelah sekian lama kau curahkan kasih sayangmu

Maafkan aku ibu
Saat ini aku belum mampu membalas budi jasamu
Tapi ku selalu berusaha memberikan yang terbaik untukmu ibu
Hanya tiga kata yang terucap untukmu
Terima Kasih Ibu

Sekilas tentang sejarah hari Ibu :

Sejarah hari Ibu diawali dari bertemunya para pejuang wanita dengan mengadakan kongres perempuan tepatnya tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta. Pada Kongres Perempuan yang pertama ini tuntutan mereka antara lain :

- Menentang Kawin Anak (anak kecil belum diperbolehkan menikah)
- Menentang Kawin Paksa
- Mengajukan jaminan untuk para janda (de el el)

Kongres Perempuan ini sekarang dikenal sebagai Kongres Wanita Indonesia (KOWANI). Lalu Presiden Soekarno menetapkan 22 Desember sebagai Hari Ibu atau kini bisa disebut Hari Perempuan.

Berbeda dengan di Amerika dan Canada. Di Amerika peringatan hari ibu tersebut diusulkan pada tahun 1872 oleh seniman atau pencipta lagu yaitu Yulia WardHaun (kalo ga salah tulisannya!!!) lalu pada tahun 1907, Anna Defilla juga mengusulkan agar hari ibu dilaksanakan atau diperingati. Dan sampai sekarang di Amerika dan Canada, Hari Ibu atau Mother Day diperingati pada Hari Minggu di Minggu Kedua Bulan Mei. Jadi tanggalnya tidak menentu.


Begitu inti yang bisa saya utarakan. kalo ada yang kurang boleh dikritik kok!
 
posted by berlian ratnasari at 6:55 PM | Permalink |


1 Comments:


  • At 12/21/2006 7:41 PM, Blogger Miss Sary

    OH..ibuku hatiku piluuuuu seorang diri, bila kuingat masa yang telah silammm. kudibesarkan oleh ibukuuuu, di kampung halaaamanku.